Home / Panduan / Panduan Pesan Tiket Pesawat

Panduan Pesan Tiket Pesawat

CARA MEMESAN TIKET PESAWAT VIA APLIKASI TOPINDOKU

Berikut dibawah ini adalah cara untuk memesan tiket pesawat secara online via Topindoku:

  1. Buka Aplikasi Topindoku.
  2. Pilih Produk Lainnya, kemudian scroll ke bawah pilih menu Travel, lalu pilih Sub menu Tiket Pesawat.
  3. Kemudian muncul tampilan pengisian data, sebagai berikut :
    Terdapat dua pilihan yaitu Sekali Pergi dan Pulang Pergi (dipilih sesuai kebutuhan) :

    • Apabila memilih Sekali Pergi, tampilan data yang harus diisi yaitu sebagai
      berikut :

      • Dari (diisi Nama Bandara Asal, dengan memilih pada tampilan Pilih Asal Bandara).
        Contoh: Jakarta, Indonesia (CGK).
      • Ke (diisi Nama Bandara Tujuan, dengan memilih pada tampilan Pilih Tujuan Bandara).
        Contoh : Denpasar, Indonesia (DPS).
      • Tanggal Pergi (diisi sesuai tanggal keberangkatan).
      • Penumpang (diisi jumlah penumpang, sesuai kebutuhan).
      • Kelas Penerbangan (dipilih sesuai kebutuhan).
    • Apabila memilih Pulang Pergi, tampilan data yang harus diisi yaitu sebagai berikut :
      • Dari (diisi Nama Bandara Asal, dengan memilih pada tampilan Pilih Asal Bandara).
        Contoh : Jakarta, Indonesia (CGK).
      • Ke (diisi Nama Bandara Tujuan, dengan memilih pada tampilan Pilih Tujuan Bandara).
        Contoh : Denpasar, Indonesia (DPS).
      • Tanggal Pergi (diisi tanggal keberangkatan).
      • Tanggal Pulang (diisi tanggal kepulangan).
      • Penumpang (diisi jumlah penumpang, sesuai kebutuhan).
      • Kelas Penerbangan (dipilih sesuai kebutuhan).
  4. Apabila semua data penerbangan sudah dilengkapi, lalu pilih Cari Tiket.
  5. Kemudian, akan muncul daftar nama ketersediaan maskapai sesuai schedule yang telah ditentukan. Kemudian, pilih maskapai sesuai keinginan.
  6. Pada tampilan daftar maskapai, terdapat tools Filter, dan Ubah Tanggal pada bagian bawah :
    • Pada pilihan Filter bertujuan untuk memfilterisasi dan mengurutkan data sesuai keinginan.
      Apabila telah memilih filter, lalu pilih tombol Terapkan. tampilan daftar maskapai akan secara otomatis terurut sesuai filter yang telah diterapkan.
    • Pada pilihan Ubah Tanggal bertujuan untuk mengubah tanggal keberangkatan (untuk perjalanan Sekali Pergi), dan untuk perjalanan Pulang Pergi akan tersedia dua pilihan yaitu ubah tanggal pergi atau tanggal pulang.
  7. Lalu pilih maskapai sesuai keinginan.
  8. Kemudian, tampil detail keberangkatan sesuai pemesanan.
    Pastikan detail keberangkatan sudah sesuai.
  9. Isi lengkap data pada form Data Pemesan dan Data Penumpang.
  10. Setelah kedua data diisi, maka tekan Simpan untuk menyimpan data.
  11. Apabila semua data telah tersimpan, pastikan saldo pada Topindoku Anda mencukupi.
  12. Kemudian pilih Lanjut untuk melanjutkan metode.
  13. Pada tampilan Konfirmasi Pembayaran, pastikan semua data yang telah di input sudah benar.
  14. Kemudian pilih Lanjutkan, untuk melanjutkan proses pemesanan tiket pesawat.
  15. Cek kembali Detail Pemesanan dan Detail Pembayaran pada tampilan Konfirmasi Pembayaran.
  16. Lanjutkan metode dengan pilih Bayar. (pastikan saldo Anda pada Topindoku mencukupi).
  17. Setelah pembayaran sukses, maka akan muncul tampilan Transaksi Sukses.
  18. E-tiket akan terkirim secara otomatis ke alamat E-mail pemesan, apabila metode telah selesai.
  19. Invoice dapat diperiksa pada sub menu Riwayat Pesanan Tiket Pesawat.

CARA SIMPAN BUKTI PEMESANAN DAN CETAK STRUK TIKET PESAWAT 

Panduan untuk simpan bukti dan cetak struk :

  1. Buka Aplikasi Topindoku.
  2. Pilih Riwayat pada navigation bar.
  3. Pilih kategori Tiket Travel.
  4. Pilih pemesanan yang akan disimpan bukti pemesanan dan cetak struk.
  5. Pada halaman Detail Riwayat,  scroll dan pilih tombol Simpan Bukti (untuk menyimpan bukti pembayaran/invoice)
  6. Kembali ke halaman Detail Riwayat, pilih tombol Cetak (untuk mencetak struk)
  7. Pada halaman Cetak Struk pilih Atur Printer **Atur printer terlebih dahulu sebelum melakukan cetak struk
  8. Kemudian, pilih tombol Cetak.
  9. Proses cetak struk selesai dan tunggu hingga printer selesai mencetak Stuk.

SYARAT & KETENTUAN REFUND TIKET PESAWAT CITILINK

Syarat dan Ketentuan ini ditetapkan untuk mengatur pengajuan refund di PT.Citilink Indonesia. Pelanggan disarankan untuk membaca dengan seksama, karena akan berdampak kepada status tiket Anda. Berikut cara refund tiket Pesawat Citilink

  1. Periode pengajuan refund voucher dari tanggal 15 Oktober 2020 untuk masa berlaku voucher adalah 1 (satu) tahun sejak tanggal voucher diterbitkan.
  2. Voucher tidak dapat diuangkan dan expired sesuai dengan tanggal validitasnya.
  3. Voucher dapat diredeem melalui Website resmi Citilink www.citilink.co.id dan Mobile App Citilink.
  4. Untuk pembelian tiket melalui travel agentredeem voucher dapat dilakukan melalui Website dan Mobile App Citilink. Apabila calon penumpang tidak menerima kode OTP melalui E-mailredeem voucher dapat dilakukan di Ticketing Office dan Call Center Citilink dengan wajib melampirkan KTP/SIM/Tanda pengenal lainnya dan menginformasikan kode booking saat refund.
  5. Voucher dapat dipindahtangankan dan digunakan untuk penumpang lain yang bukan penumpang pada reservasi sebelumnya.
  6. Pemindahtanganan voucher dapat dilakukan melalui Tiketing Office atau Call Center dengan wajib melampirkan surat kuasa bermaterai Rp 10.000, scan KTP pemilik voucher dan penerima kuasa serta menginformasikan kode booking saat refund.
  7. Apabila nilai voucher lebih kecil dari nilai tiket yang akan dibeli, penumpang hanya membayar selisih antara nilai tiket dan nilai voucher.
  8. Apabila nilai voucher lebih besar dari nilai tiket yang akan dibeli, saldo voucher akan berkurang secara otomatis. Sisa saldo dapat digunakan untuk melakukan pembelian tiket berikutnya sampai saldo habis atau masa validitasnya berakhir.
  9. Nominal voucher sebesar harga tiket tidak termasuk biaya ubah nama, donasi dan admin fee pembayaran dengan menggunakan kartu kredit.
  10. Nilai dan nomor voucher akan diinformasikan kepada penumpang melalui E-mail yang tertera pada saat pengajuan.
  11. Pengajuan refund adalah untuk semua penumpang di dalam satu kode booking, jika pengajuan refund tidak untuk semua penumpang, agar dapat menghubungi Call Center kami dinomor telepon 08041080808.
  12. Pengajuan refund voucher tidak dapat dibatalkan.

Apabila mengalami kendala dalam pengajuan refund dapat menghubungi Call Center kami di nomer 0804 1 080808/ live chat social media Citilink Indonesia.