Daftar Isi

Pemesanan Tiket Kereta

Panduan Pemesanan Tiket Kereta

Sebelum melakukan pemesanan tiket, pastikan saldo Topindoku kamu mencukupi agar proses pemesanan berhasil dan lancar.

  1. Buka Aplikasi Topindoku
  2. Di halaman awal, pilih “Lainnya”
  3. Scroll ke halaman bawah, sampai kamu melihat halaman “Travel”
  4. Klik “Tiket Kereta Api”
  5. Pilih asal stasiun, tujuan stasiun, tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang
  6. Setelah itu, klik “Cari Tiket”
  7. Jika ada yang salah atau tidak sesuai, klik “Ubah” dibagian pojok kanan atas
  8. Jika kamu ingin memfilter kelas kereta api, pilih “Filter” dan jika kamu ingin mengurutkan harga, pilih “Urutkan”
  9. Jika kamu sudah memilih tiket, lanjutkan untuk mengisi data pemesan dan data penumpang, jika sudah klik “Lanjut”
  10. Periksa formulir pesanan, jika sudah sesuai lanjutkan untuk melakukan pembayaran
  11. Selesai, tiketmu akan segera di kirimkan ke email yang kamu cantumkan

Cara Simpan Bukti Pemesanan Dan Cetak Struk Tiket Kereta

Panduan untuk simpan bukti dan cetak struk :

  1. Buka Aplikasi Topindoku.
  2. Pilih Riwayat bagian bawah aplikasi
  3. Pilih “Tanggal” dan pilih kategori produk “Tiket Travel”, lalu “Terapkan”
  4. Pilih pemesanan yang akan disimpan bukti pemesanan dan cetak struk.
  5. Pada halaman “Detail Riwayat”, scroll dan pilih tombol Simpan Bukti (untuk menyimpan bukti pembayaran/invoice) atau klik “Cetak” jika kamu ingin mencetak struk pembelian
  6. Jika kamu ingin menyimpan bukti pemesanan secara digital, klik ikon “PDF” atau ikon “Berbagi”, struk digital akan disimpan dalam bentuk PDF dan gambar
  7. Jika kamu belum melakukan atur printer sebelumnya, pada halaman “Cetak Struk” pilih “Atur Printer”
  8. Jika kamu sudah melakukan atur printer sebelumnya, klik “Cetak”
  9. Tunggu hingga proses cetak struk selesai.

Cara Refund/Batalkan Pesanan Tiket Kereta Api

  1. Pembatalan bisa dilakukan melalui aplikasi KAI Access dengan cara memasukan kode booking atau ke langsung ke stasiun.
  2. Pastikan data pembeli telah sesuai saat melakukan pendaftaran pada aplikasi KAI Access seperti nomor identitas, nama dan email.
  3. Pembatalan tiket melalui Aplikasi KAI Access dapat dilakukan selambat-lambatnya 2 jam sebelum Kereta Api berangkat
  4. Untuk pembatalan tiket dikenakan potongan sebesar 25% dari harga tiket dan di luar biaya pemesanan.
  5. Pengembalian dana pembatalan estimasi 7 hari terhitung sejak pengajuan pembatalan dilakukan.
  6. Pengembalian dana hanya melalui transfer bank dan E-Wallet.
  7. Pengembalian dana dapat dikirimkan ke rekening salah satu penumpang yang ada di dalam kode booking tiket yang dibatalkan.
  8. Nama dan nomor rekening Bank yang diinput harus sesuai dengan nama dan nomor pada buku rekening Bank.
  9. Jika terdapat kesalahan input nama atau nomor rekening bank oleh pelanggan maka proses pembatalan akan ditolak oleh sistem dan penumpang dapat melakukan pembatalan manual di loket stasiun yang ditentukan oleh KAI.
  10. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Contact Center (021) 121 atau surat elektronik ke alamat [email protected]

Cara Checkin Menggunakan Barcode Di Loket Kereta Api

  1. Buka email yang kamu cantumkan saat pembelian tiket kereta di aplikasi Topindoku
  2. Unduh dokumen yang dikirimkan dari KAI
  3. Siapkan identitas diri dan tunjukan barcode pada petugas KAI
  4. Tunggu hingga scan barcode berhasil, selesai proses checkin berhasil